Jumat, 03 Juli 2015

Makalah Distribusi Frekuensi








DISTRIBUSI FREKUENSI




Aulia mira motika jannah (13014143)
Jelita hakim (1301414054)
Maswadi Rauf Fristanto (1301414074







Distribusi Frekuesi
            Distribusi frekuensi adalah data yang diperoleh dari suatu pemelitiam yang masih berupa data acak atau data mentah dapat dibuat menjadi data yang berkelompok, yaitu data yang telah disusun kedalam kelas-kelas tertentu.Daftar yang memuat data berkelompok disebut distrbusi frekuemsi.Jadi  distribusi frekuensi adalah susunan data menurut kelas-kelas interval tertentu atau menurut kategori tertentu dalam sebuah daftar.
            Bagian-bagian distribusi frekuensi
1.      Kelas-kelas  adalah kelompok nilai atau variable
2.      Batas kelas adalah nilai yang membatasi kelas yang satu dengan yang lain(batas kelas bawah dan batas kelas atas )
3.      Tepi kelas (batas nyata kelas ) yaitu batas kelas yang tidak memiliki lubang utuk angka tertentu antara kelas yang satu dengan kelas yang lain ada dua tepi kelas ( tepi bawah kelas dan tepi atas kelas)
4.      Titik tengah kelas adalah angka atau nilai yang tepat terletak di tengah kelas mewakili kelasnya
Rumus :  0,5( batas atas + batas bawah ) kelas
5.      Interval selang yang memisahkan kelas yang satu dengan kelas yang lain
6.      Panjang interval kelas  adalah jarak antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas
7.      Frekuensi kelas adalah banyaknya data yang termasuk kedalam kelas tertentu






Distribusi Frekuensi Tunggal
            Distribusi yang tidak menggunakan interval (golongan/kelompok) didalam penyusunan tabel distribusi frekuensinya.
Nilai
Frekuensi
3
4
5
6
7
8
9
2
3
3
4
5
2
1
Jumlah
20
Contoh: dari data dibawah
            3 4 5 6 6 6 5 4 8 9
            3 4 6 5 7 7 7 7 7 8
           






Distribusi Frekuensi Bergolong

            Istilah penting dalam penyusunan distribusi frekuensi bergolong:
  1. Interval kelas: tiap kelompok nilai variabel
  2. Batas kelas : nilai yang membatasi kelas yang satu dengan yang lainnya
  3. Lebar kelas (i): jumlah nilai dalam tiap interval kelas
  4. Titik tengah (mid point): nilai yang berada tepat di tengah interval kelas
  5. Jumlah interval (k): banyaknya interval kelas yang digunakan dalam penyusunan distribusi
  6. Jarak pengukuran (range of measurement) :
            nilai tertinggi dikurangi dengan nilai tertendah
                        Beberapa pertimbangan menentukan jumlah interval :
  1. Tergantung jumlah frekuensi ( N)
  2. Tergantung pada lebar interval/ kelas
  3. Tergantung jarak pengukuran (R)
  4. Tergantung tujuan penyusunan distribusi
           
Merupakan distribusi frekuensi yang menggunakan kelas-kelas interval.langkah-langkah penyusunannya sebagai berikut:
·         Mencari jangkauan (J)= nilai tertinggi-nilai terendah
·         Batas Kelas  :nilai-nilai yang membatasi kelas yang satu dengan kelas yang lain.
·         Range : Selisih nilai tertinggi dengan terendah dalam distribusi
              Rumus = Xn – Xi

·         Lebar kelas / Interval
Rumus:          
           
            I    =  lebar kelas / kelas        
            k   =  banyak kelas
            Xn =  nilai observasi terbesar
            Xi  =  nilai observasi terkecil

·         JumlahKelas (K)
Rumus:  K = 1 + 3,3 log n
K  =Banyaknyakelas
n  =Banyaknyanilaiobservasi (banyaknya data)


Contoh Soal

56
52
37
35
41
55
39
50
40
55
54
87
43
48
46
55
36
50
38
52
37
49
52
48
51
47
44
56
51
50
45
40
52
47
51
49
45
57
31
50
43
45
57
46
51
51
34
63
30
58

Kelas
Nilai Status
Turus
Frekuensi
1
2
3
4
5
6
7
30-34
35-39
40-44
45-49
50-54
55-59
60-64

3
6
6
11
14
8
2
Jumlah


50


Range: nilai tertinggi- nilai terendah
            63-30
            33
Banyak kelas: K = 1 + 3,3 log n
                        K= 1+3,3 log 50
                        K=1+3,3(1,69)
                        K=1+5,57
                        K=7
Lebar kelas: range:banyak kelas
                    33
                     7
                4,75






Daftar Pustaka :

·         Anton Dajan.1991.Pengantar Mode Statistik,JILID 1.Jakarta : LP3ES
·         Arief  Karseno, Ibnu Subiyanto, Budi Purnomo BR.1985.Statistik 1. Jakarta:Karunika
·         Garret, “ Statistic in Psyhcologi and Education,” ed Keempat; New            York:Longmans,Green and Co.,1954

j Jika ingin mengunduh ,silahkan klik disni 

0 komentar:

Posting Komentar