Selasa, 30 Juni 2015

makalah komponen hardware dan software komputer


Komponen Hardware dan Software pada Komputer


Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Teknologi Informasi

Makalah

Dosen Pengampu:
Yoga Eska Pambudi Utama, S.Kom

Oleh
1.       Aulia Mira Motika Jannah (1301414043)
2.       Muhamad Miftakhul Rizaq ( 1301414057)


 
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR

           Segala puji bagi Allah SWT Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI tentang “KOMPONEN HARDWARE dan SOFTWARE KOMPUTER” yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Pengertian, jenis-jenis dan fungsi dari komponen hardware dan software pada komputer” yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan komputer. Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca..
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.



Semarang, 19 Maret 2015
                                                                                                                               

                                                                                                                                                Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................      i
KATA PENGANTAR .....................................................................................      ii
DAFTAR ISI ...................................................................................................      iii

BAB I PENDAHULUAN ................................................................................      1
1.1  LatarBelakang…………………………………………………………    1
1.2  Rumusan Masalah ………….…………………………………...…… .    1
1.3  Tujuan ……………………………………………………………........    1

BAB II PEMBAHASAN ................................................................................  3
2.1. Komponen Hardware pada computer……………………………....         3
2.1.1.     Unit Masukan ( Input Device )………………………………         3
2.1.2.     Process device (unit Pemrosesan)…………………………….       12
2.1.3.     Output device ( Unit keluaran)……………………………….        15
2.1.4.     Backing Storage ( unit penyimpanan)………………………..        17
2.2.   Komponen Software
2.2.1.      Sistem Operasi………………………………………………       20
2.2.2.      Program Bantu dan Program Tambahan…………………..          20
2.2.3.      Bahasa Komputer (computer language)…………………..          20
2.2.4.      Program Aplikasi…………………………………………….      21

BAB III PENUTUP ………………………………………………………… 22          
a)      Kesimpulan...............................................................................................  22
b)      Saran ……………………………………………………………………  23

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................  24



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang

Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor,, tugas kuliah ,multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia au tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan arapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. anyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis akalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu ang tidak sedikit dan referensi yang banyak.



1.2.   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana komponen hardware pada computer ?
2.      Bagaimana komponen software pada computer?


1.3.   Tujuan
1.      Untuk mengetahui dan memahami komponen hardware pada computer
2.      Untuk mengetahui dan memahami komponen software pada computer



BAB II
PEMBAHASAN

 
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik
Secara garis besar 2 hal yang sangat mempengaruhi komputer, 2 hal itu ialah hardware dan software
a)      Komponen Hardware
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
prosesor
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
i)        Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1.      Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2.      Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
gambar-211.jpg
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse
perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
gambar-213a.jpg
Touch Pad
gambar-213b.jpg
Touch Pad Track Ball
gambar-213c.jpg
Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games



f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
gambar-217.jpg
Barcode Reader
gambar-216.jpg
contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
graphics_pads

ii)      Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
power supply
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi
RAM
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
kartu grafis
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
prosesor
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
motherboard

iii)    Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
monitor
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detailprinter
speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
speaker

iv)    Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
harddisk

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog,
http://i1.wp.com/gambarsuper.files.wordpress.com/2010/08/pengerian-modem-gsm.png?resize=86%2C149
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
1.      Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
2.       Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
3.      Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
kartu suara
b)     Komponen Software
Komponen perangkat lunak (software) merupakan program-program yang nantinya akan terinstal pada komputer sehingga membuat perangkat komputer bisa hidup dan dipakai bekerja
Komponen-komponen software yang dibutuhkan oleh komputer adalah:

i)        Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Macam-macam sistem operasi antara lain adalah: DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL,  SUNSOFT dan sebagainya.


ii)      Program Bantu dan Program Tambahan

Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan contoh-contoh program ini.

iii)    Bahasa Komputer (computer language)

Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya. 
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :

a.    Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan assembly language.
b.    High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.

iv)    Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.  Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :

a)        Word Processing

Word processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj35w1n2ROSuaf6D_0dsD3s2RNnZJWHgjR6iOgjPkA8tssSpfC1BS3EFbn504Qve3JMYOHXutSbFuIccHd0PPql75PP0ZvPPUTkAtrWj3b7yLaCiaicz_ayjkN9rIv0I2y5HJyafd5GUZc/s320/1.JPG

Gambar 1. Microsoft Word, Lotus Ami Pro, dan Word Perfect adalah Program Pengolah Kata yang Populer Saat Ini

b)   Desktop publishing

Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker dan sebagainya.

c)    Program Spreadsheet

Merupakan program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv dan sebagainya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR1VQiUrFUtBkQnlKrCoYpCqUa-weA7tx5teEDFaPLoQjtDfbnkzIpcX9LiNtwlpi2yPfzuz9bi3Bz9kYkcpiJyH3FijIxrDK3SsvzNNE_46DN5szG6iUHdWZkaHdME9kC3-ITzFIH7Q0/s320/2.JPG
Gambar 2. Program Spreadsheet Microsoft Excel

d)   Database Management System

Salah satu kegunaan komputer di dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja.
Contoh : Paradox, FoxPro, Microsoft Access, Approach, dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizk1yFB0fS6qas6EjFPzdTl3BVUAZs9gdOzPX3PR2CIxzbJMKsBABLsjQfDooxOAnEKa3Y_eYmlNxvrlF1hgyCr2djzrmZ9UP-Fntw-QrHuTVLkKhVShMeWUD44VnLflqypE3YUQMgx4k/s320/3.JPG
Gambar 3. Program Database Paradox

e)    Graphics

Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar ataugraphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar di komputer mudah diubah dan diolah.
Contoh: Corel Draw, Stanford Graphics, Visio dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVv1uKiHxrmxZCXi18bpc6RhmwwQhWTXWHgYvQTSkfB_RWK4iBc7yjnmXxoeIIgkWBVnKFlggRzy8Vj3VHTQNEdy_7Pm-s2yu7Vo_RhOJCKWTnLqK8buHQzwNJkVx75yZ1oEQUwSNSkWI/s320/4.JPG

Gambar 4. Pogram Gambar Buatan Logitech, Dapat Digunakan untuk Menyunting Foto

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3Gs_RCbyLOzYaxmNmXxVKmlBCynPaIsCT-6z3IPTZ-O8T6pVneaVoqg5H6LwTuEJGRq_ZjFdwdiWk4zkeTqR45aiDzk4UukdmdBaFhbuRGr28rsk8EL8wMZH27TOgY11PHDWL-QWD-HU/s320/5.JPG

Gambar 5. Program Freelance Graphics Sangat Mudah Digunakan untuk Membuat Presentasi

f)     Program Akuntansi

Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi.
Contoh: DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8cfBPVKwrrED1H-kDMDb17MfUXns8xdzXJswu8HfMgyPAhfDXRPSMr11jLtr5kCdnm_IC7Ws38nL9u5CumHNm4VZuRIDgeiOPY3UB3lgBVXp9kHxLdaVAwqFctIbLCGt4pn-bw4yHu3o/s320/6.JPG
Gambar 6. Program Akuntansi Peachtree Accounting

g)   Program Statistik

Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik.
Contoh: SAS, SPSS, Statistica dan sebagainya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5sjCNNHXZBK1EilaB6FyfAPmJeI3xj7r8CXpTxKRDA3VVwpq2aaCW0EP7BVyGXm576RtfXxKPdzlP5xnUo9BBapZXzdJvTtdSNJXudim8Tffj1R8w2GwEsqcowlw_-VcO6b8PMZM82hQ/s320/7.JPG

Gambar 7. Program Mathcad adalah Program Komputer untuk
                    Matematika dan Statistika

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrbfyga9KCU7-RMr7AcEATnifziBGlg7TLvUgtwskWBJSyOk1Jbl2y_-lQNlm_L1w7eRqPVgx3WTuD0DU1mtNj_kCPgb4kwnWQkRXxcAfhzXMoxlh7g5WAzhw4jic90sU8oewgtsNnNz8/s320/8.JPG

Gambar 8.   Program Mathtype Digunakan untuk Menulis Rumus
                 Matematika dan Statistika. Rumus Dapat Digabung
           dengan Program Pengolah Kata yang Lain

h)   Communication

Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain.
Contoh : Carbon Copy, DataFax, ProComm Plus, CrossTalk dan sebagainya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUcX9Ux0yCqlQ4rc8ELb2YFqCERsBgy1I5dC4oi9AXmkqhFPiwopWv93efA_N406MmpQjYjs8o5oQSgcEgg92_lv51c148Dc4TtABv5ESY4np99PtW6kQyHQY1uB0rHEtGdHjE2mHBvuc/s320/9.JPG

Gambar 9. Program Komunikasi Carbon Copy dan Program Data Fax

i)     Multimedia

Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player, dan lain-lain.
Contoh : Microsoft Video

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVXSxFLd5RxUxTwCAC4pChqAw1NiWusVnqOaQhi6vAstN4gHyL5l1NWKcQPNOf65kp2wBjwWWKfaaTrHWaoiBrhmWEWrRFK48PSbbC-fM9fVb5DIs6zLS2fIEVQDl0jB8n9jhIFSiILVY/s1600/10.JPG

Gambar 10. Microsoft Video, Salah Satu Program Multimedia

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi06iSfp_3SshfbboeHGX0Nht3gffsPwEe-XxXtJOWeTAdzAKFjXS883H2fycPucVmk4ciuTc_e-KXDgAFTVRtfFI_UraqEamlEmg9-fgg-IF5tDWXhvXmuz1YwQrQf_w3BFzDo64eTNHc/s320/11.JPG

Gambar 11. Komputer yang Siap Digunakan untuk Perangkat Multimedia

j)     Game

Game merupakan program untuk permainan.
Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia dan sebagainya.

k)    Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai.
Contoh: McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG dan sebagainya.
Supaya suatu software dapat digunakan di dalam komputer, maka software-softwaretersebut harus diinstal terlebih dahulu.

Metode Instalasi software :
1)   Langsung dari CD program
CD dimana software yang dikehendaki ada, dimasukkan dalam CD ROM. Kemudian ikuti langkah-langkah instalasi software.
2)      Melalui Hard Disk, file-file dalam CD program di-copy terlebih dahulu ke Hard Disk, kemudian perintah instalasi dijalankan melalui Hard Disk.




















BAB III
PENUTUP

3.1.    KESIMPULAN
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
  • Processing Device
  • Input Device
  • Output Device
  • Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
1.      Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer. Macam-macamsistem operasi antara lain adalah: DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL,  SUNSOFT dan sebagainya.
2.      Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
3.      Bahasa Komputer (computer language)
Computer language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya. 
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
1.      Low Level Language
2.      Hight level languange
4.      Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya.

3.2          SARAN
Semua komponen hardware dan software mengalami kemajuan terus menerus dari waktu ke waktu. Dari komponen yang besar dengan kemampuan terbatas sampai menjadi komponen kecil dan simple dengan kemampuan sangat besar dan canggih. Diharapkan dengan berkembangnya komponen hardware dan software  yang cepat dan  pesat mendukung secara signifikan percepatan teknologi komputer dari waktu ke waktu dan dapat digunakan sebagai mana mestinya



























DAFTAR PUSTAKA

Zaki, Ali.2010.Panduan Hardware Komputer.Andi:Yogyakarta
Maryono ,Y dan Patmi Istiana.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Yudistira

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer//

Silahkan unduh disini

2 komentar: