
Komponen
Hardware dan Software pada Komputer
Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Teknologi Informasi
Makalah
Dosen
Pengampu:
Yoga
Eska Pambudi Utama, S.Kom
Oleh
1. Aulia Mira Motika Jannah (1301414043)
2. Muhamad Miftakhul Rizaq ( 1301414057)
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah SWT Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini
dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan
sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini
disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI
tentang “KOMPONEN HARDWARE dan SOFTWARE KOMPUTER”
yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di
susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri
penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan
terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini
memuat tentang “Pengertian, jenis-jenis
dan fungsi dari
komponen hardware dan software pada komputer”
yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan komputer. Walaupun makalah ini mungkin
kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca..
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena
pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada
para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk
kesempurnaan makalah ini.
Semarang, 19 Maret 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................ i
KATA PENGANTAR ..................................................................................... ii
DAFTAR ISI ................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 LatarBelakang………………………………………………………… 1
1.2 Rumusan Masalah ………….…………………………………...……
. 1
1.3 Tujuan ……………………………………………………………........ 1
BAB II PEMBAHASAN ................................................................................ 3
2.1. Komponen Hardware pada computer…………………………….... 3
2.1.1.
Unit Masukan ( Input Device
)……………………………… 3
2.1.2.
Process device (unit
Pemrosesan)……………………………. 12
2.1.3.
Output device ( Unit
keluaran)………………………………. 15
2.1.4.
Backing Storage ( unit
penyimpanan)……………………….. 17
2.2. Komponen
Software
2.2.1. Sistem
Operasi……………………………………………… 20
2.2.2. Program Bantu dan Program Tambahan………………….. 20
2.2.3. Bahasa
Komputer (computer language)………………….. 20
2.2.4.
Program Aplikasi……………………………………………. 21
BAB III PENUTUP ………………………………………………………… 22
a) Kesimpulan............................................................................................... 22
b) Saran …………………………………………………………………… 23
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 24
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari
mengerjakan pekerjaan kantor,, tugas kuliah ,multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita
sebagai manusia au tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi
khususnya bidang
komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar
itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan arapan dapat berguna
bagi orang lain khususnya bagi kami. anyak sekali pembahasan tentang komputer,
tapi kami coba menulis akalah dengan judul Sistem Komputer yang di jelaskan
secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu
membutuhkan waktu ang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
1.2.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
komponen hardware pada computer ?
2.
Bagaimana
komponen software pada computer?
1.3.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui dan memahami komponen hardware pada computer
2.
Untuk
mengetahui dan memahami komponen software pada computer
BAB II
PEMBAHASAN
Komputer
terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila
salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya
suatu komputer dengan baik
Secara garis besar 2 hal yang sangat
mempengaruhi komputer, 2 hal itu ialah hardware dan software
a)
Komponen Hardware
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen
dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
i)
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan
untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk
mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch
panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1. Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
2. Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

keyboard qwerty
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah
salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar
mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol
penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri
mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan
objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan
klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.

Touch Pad

Touch Pad Track Ball

Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.

Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Barcode Reader

contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.

Scanner
Saat ini
telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan
sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar
jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan
ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam
memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat
merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya
yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.

headphone
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

ii)
Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (
unit tambahan).

RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory
biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan
sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg
dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi

Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi
yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya
tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan
fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan
MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa
perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox,
dan NVIDIA.

Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan
CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi
perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah
internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini

Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit
tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa
disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti
Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

iii)
Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan
pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai
dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis
dengan layar datar (flat).

Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis
Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih
detail

speaker
Sepaker di
sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser
yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

iv)
Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa
juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah
salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama
kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada
tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama
kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan
putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi
tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu
piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam
perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun
memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya
dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di
luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang
mendukung.

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh
perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal
antara lain
Modem
pengertian
Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi,
yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier
signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media
tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer
yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog,

kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras
komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada
awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang,
sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara
pemasangannya, sound card dibagi 3:
1.
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel
langsung pada motherboard komputer.
2.
Sound Card
Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.
Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
3.
Soundcard External, adalah sound card yang
penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau
FireWire

b)
Komponen
Software
Komponen perangkat lunak (software)
merupakan program-program yang nantinya akan terinstal pada komputer sehingga membuat
perangkat komputer bisa hidup dan dipakai bekerja
Komponen-komponen software yang
dibutuhkan oleh komputer adalah:
i)
Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan software yang
pertama kali akan dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai
dasar pengoperasian komputer. Macam-macam sistem operasi antara lain
adalah: DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL, SUNSOFT dan
sebagainya.
ii) Program
Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility)
merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan
kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan
Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di
sistem jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan
yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand
alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak
pemakai (multiuser). Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan
contoh-contoh program ini.
iii)
Bahasa Komputer (computer language)
Computer language merupakan
bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa
karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa
yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
a. Low Level Language,
merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat
dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin
dan assembly language.
b. High Level Language, merupakan
bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.
Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.
iv)
Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat
lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan
pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai
kebutuhan. Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a)
Word Processing
Word processing adalah
program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word,
Lotus Ami Pro dan WordPerfect dan sebagainya.
Gambar 1. Microsoft Word, Lotus Ami Pro,
dan Word Perfect adalah Program Pengolah Kata yang Populer Saat Ini
b) Desktop publishing
Merupakan program yang mengatur tata
letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura
Publisher, Page Maker dan sebagainya.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang digunakan
untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv
dan sebagainya.
Gambar 2. Program Spreadsheet Microsoft
Excel
d) Database Management System
Salah satu kegunaan komputer di
dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini
dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan
kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan
program database management system (disingkat DBMS) dan sering
disebut dengan program database saja.
Contoh : Paradox, FoxPro, Microsoft Access, Approach,
dan sebagainya.
Gambar 3. Program Database Paradox
e) Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah
membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan
untuk membuat gambar ataugraphics. Seseorang yang tidak pintar
menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena
gambar di komputer mudah diubah dan diolah.
Contoh: Corel Draw, Stanford Graphics, Visio dan
sebagainya.
Gambar 4. Pogram Gambar
Buatan Logitech, Dapat Digunakan untuk Menyunting Foto
Gambar 5. Program
Freelance Graphics Sangat Mudah Digunakan untuk Membuat Presentasi
f) Program Akuntansi
Aplikasi yang juga banyak dipakai
dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan
akuntansi.
Contoh: DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree
Accounting dan sebagainya.
Gambar 6. Program Akuntansi Peachtree Accounting
g) Program Statistik
Program
statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang
berhubungan dengan analisis statistik.
Contoh: SAS, SPSS, Statistica dan sebagainya.
Gambar 7. Program Mathcad adalah Program
Komputer untuk
Matematika
dan Statistika
Gambar 8. Program Mathtype Digunakan
untuk Menulis Rumus
Matematika
dan Statistika. Rumus Dapat Digabung
dengan
Program Pengolah Kata yang Lain
h) Communication
Communication merupakan program yang
digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain.
Contoh : Carbon Copy, DataFax, ProComm Plus, CrossTalk
dan sebagainya.
Gambar 9. Program Komunikasi Carbon Copy dan Program
Data Fax
i) Multimedia
Multimedia merupakan
software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan
multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player, dan lain-lain.
Contoh : Microsoft Video
Gambar 10. Microsoft Video, Salah Satu Program
Multimedia
Gambar 11. Komputer yang Siap Digunakan untuk
Perangkat Multimedia
j) Game
Game merupakan
program untuk permainan.
Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia
dan sebagainya.
k) Antivirus
Antivirus merupakan program yang
digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer
yang sedang dipakai.
Contoh: McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG dan
sebagainya.
Supaya suatu software dapat digunakan
di dalam komputer, maka software-softwaretersebut harus diinstal
terlebih dahulu.
Metode Instalasi software :
1) Langsung dari CD program
CD dimana software yang dikehendaki
ada, dimasukkan dalam CD ROM. Kemudian ikuti langkah-langkah instalasi software.
2)
Melalui Hard Disk, file-file dalam CD
program di-copy terlebih dahulu ke Hard Disk, kemudian
perintah instalasi dijalankan melalui Hard Disk.
BAB III
PENUTUP
3.1.
KESIMPULAN
Sistem
Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan
komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware),
perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat
keras (hardware).
Komponen –
komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
- Processing Device
- Input Device
- Output Device
- Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
1. Sistem
Operasi
Sistem operasi merupakan software yang
pertama kali akan dibaca oleh komputer
pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
Macam-macamsistem operasi antara lain adalah: DOS, WINDOWS, LINUX,
NOVELL, SUNSOFT dan sebagainya.
2. Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility)
merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan
kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan
Norton Utilities merupakan contoh dari program ini.
3. Bahasa Komputer (computer language)
Computer language merupakan
bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa
karena computer language memiliki kosa kata dan tata bahasa
yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
1. Low Level Language
2. Hight level languange
4. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat
lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan
pekerjaan penggunanya.
3.2
SARAN
Semua komponen hardware
dan software mengalami kemajuan terus menerus dari waktu ke
waktu. Dari komponen yang besar dengan kemampuan terbatas sampai menjadi
komponen kecil dan simple dengan kemampuan sangat besar dan canggih. Diharapkan
dengan berkembangnya komponen hardware dan software yang cepat dan pesat mendukung secara
signifikan percepatan teknologi komputer dari waktu ke waktu dan dapat
digunakan sebagai mana mestinya
DAFTAR
PUSTAKA
Zaki, Ali.2010.Panduan
Hardware Komputer.Andi:Yogyakarta
Maryono ,Y dan Patmi Istiana.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Yudistira
http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer//
Silahkan unduh disini
makasih kak :)
BalasHapusYa
BalasHapus